Selasa, 08 Maret 2016

MATERI UTS PJOK

1. Jelaskan formasi  5-3-2 dalam permainan sepak bola

Pemain dengan pola 5-3-2 lebih mengutamakan pertahanan, tim ini menempatkan lima orang pemain didaerah belakang untuk memperkuat daerah pertahanan dari serangan lawan. Sedangkan diposisi pemain tengah ditempatkan tiga pemain ( gelandang ), dan dua orang pemain depan sebagai prnyerang. Meskipun lebih mengutamakan pertahanan bukan berarti kesebelasan yang menerapkan pola 5-3-2 tidak melakukan penyerangan. Kesebelasan dengan pola ini mengandalkan strategi penyerangan baik sebagai penyerang kedaerah lawan.

2.Jelaskan kelebihan pola 5-3-2 dalam permainan sepak bola

Kebihan :
– Pertahanannya kuat
– Efektif apabila memiliki penyerang yang cepat, counter attack/serangan balik yang membahayakan lawan
Kelemahan :
– Dapat dipakai pada situasi tertentu saja
– Mengundang tim olawan untuk menekan/menyerang pertahanan tim
yang menggunakan pola ini.

3.Jelaskan pola 3-4-3 dalam permainan sepak bola

Formasi 3 – 4 – 3 adalah formasi tim sepakbola dengan menggunakan 3 bek, 4 gelandang, dan 3 striker atau formasi menyerang dengan pemikiran defensif sedikit (sedikit bertahan) dan paling fokus diletakkan pada menyerang. Formasi ini tidak lazim karena membuat tim rentan terhadap serangan balik. Formasi ini tidak banyak pelatih yang menggunakannya saat ini. Namun jika masih ingin mengujinya pastikan untuk memberikan instruksi yang jelas untuk gelandang agar segera kembali cepat membantu pertahanan. Pelatih yang lemah terkadang lupa untuk menginstruksikan agar gelandang membantu pertahanan.

4.Jelaskan kelebihan pola 4-4-3 dalam permainan sepak bola
-    Kekuatan formasi 4-4-3
1.    Permainan cenderung offensive atau menyerang
2.    Tersedia paling sedikit 1 orang penyerang di depan gawang lawan
3.    Pertahanan tidak terabaikan walaupun system ini tergolong sangat offensive

-    Kelemahan formasi 4-4-3
1.    Pemain sayap hanya bisa efektif apabila bek sayap  mampu dan rajin membantu penyerangan
2.    Pemain tengah cenderung kewalahan karena harus menjaga lebih banyak pemain

5. sebutkan beberapa hal yang perlu diperhatikan  dalam membuat pola penyerangan bola basket baik secara individu, grup maupun secara tim.

 Taktik dan Strategi untuk Melakukan Serangan
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat pola penyerangan, baik secara individu, grup, maupun secara tim.
a. Pola penyerangan secara individu (perseorangan)
Aksi individu dalam penyerangan dilakukan dengan mempergunakan keterampilan individu yang memiliki teknik dasar di antaranya passing, dribbling, dan shooting.
b. Grup
Penyerangan yang dilakukan oleh dua atau tiga pemain baik sekali jika mempergunakan teknik screen.
c. Tim
Pola penyerangan yang dilakukan dengan tim perlu dilakukan dengan (fast break), permainan bebas (free style), dan permainan cepat
6. Jelaskan perbedaan pola 1-2-2 dengan pola 2-3 dalam permainan bola basket
·         Pola 1 – 2 – 2
a)    Setiap pemain harus menjaga daerah tugasnya dan berusaha merebut bola
b)   1 pemain di depan
c)    2 pemain agak jauh dari ring
d)   2 pemain menjaga dekat ring
·         Pola 2 – 3
a)    Setiap pemain harus menjaga daerah tugasnya dan berusaha merebut bola
b)   2 pemain agak jauh dari ring
c)    3 pemain menjaga dekat ring

7.  jelaskan komposisi  pada formasi  4SM-1SU-1U dalam permainan bola volly

Pada formasi 4-1-1, hanya ada satu orang pemain yang bertindak sebagai setter dan satu orang bertindak sebagai universaler selalu berlawanan. Universaler dapat berperan sebagai pengumpan pada saat posisi di depan tetapi umpannya tidak lebik baik dari setter. Selain itu universalermempunyai smash lebih baik dari pada setter.Sehingga pada posisi universaler di depan maka tim akan mempunyai 2 orang pemain yang akan berperan sebagai setter dan 3 orang pemain yang akan berperan sebagai smasher/spiker.
Komposisi pemainnya adalah sebagai berikut.
1.                  Sm1 smasher terbaik.
2.                  U dan Su selalu berlawanan posisi.
3.               U dapat memberi umpan, tetapi tidak sebaik Su.U mempunyai kemampuan smash lebih baik dari pada Su.
4.                  Sm1 an Sm3 mempunyai kemampuan smashlebih baik dibanding Sm2 dan Sm4

8. Jelaskan yang dimaksud dengan  sacrifice bunt dalam softball

SACRIFICE BUNT : usaha batter melakukan pukulan ke arah first base, pitcher atau third base, untuk membantu pelari menuju base didepannya.

9. jelaskan tangkisan dalam pencak silat
Tangkisan merupakan usaha pembelaan dengan kontak langsung terhadap serangan lawan. Kontak langsung mempunyai tujuan untuk membendung atau menahan  serangan dan untuk mengalihkan serangan dari lintasan. Sikap tangkisan selalu disertai dengan sikap kuda-kuda dan posisi  tubuh dengan menggunakan tangkisan satu lengan; tangkisan dua  lengan; tangkisan siku; tangkisan dengan kaki.
Untuk menghadapi serangan yang memiliki bentuk dan arah atau  lintasan yang bervariasi, tangkisan mempunyai variasi, antara lain,  posisi tinggi atau rendah; dengan tangan terbuka atau mengepal; arah ke dalam atau ke luar.

Menurut arah gerakannya gerakan tangkisan menjadi tangkisan luar, tangkisan dalam, tangkisan atas, dan tangkisan bawah. Bila Anda menggerakkan tangan kanan Anda dari arah samping kiri Anda ke arah samping kanan Anda, berarti Anda menangkis ke arah luar. Inilah sebabnya disebut tangkisan luar. Sedangkan bila Anda menggerakkan tangan kanan Anda dari arah samping kanan Anda ke arah kiri Anda, berarti Anda menangkis ke arah dalam. Itulah sebabnya disebut tangkisan dalam.

Tangkisan atas dalam pencak silat yaitu bentuk tangkisan dari bawah ke atas, berfungsi untuk melindungi kepala dari serangan lawan. Tangkisan bawah dalam pencak silat adalah tangkisan dari atas ke bawah

10. apa yang dimaksud tendangan T dalam pencak silat


Tendangan T dalam pencak silat merupakan jenis tendangan yang diperagakan posisi tubuh menyamping dan lintasan tendangan lurus ke samping. Bagian kaki yang digunakan adalah bagian tajam telapak kaki dan tumit. Beraneka ragam bentuk Variasi dalam pelaksanaanya diantaranya : T lompat,T gantung, T jepret

Tidak ada komentar:

Posting Komentar